Apa Saja Sifat Gelombang Elektromagnetik?

Sifat gelombang elektromagnetik mirip dengan bentuk gelombang lainnya. Namun, terdapat sejumlah perbedaan dengan bentuk gelombang lainnya. Perbedaan tersebut dapat dipetik dari sifat-sifat gelombang elektromagnetik itu sendiri.

sifat gelombang elektromagnetik

Sifat Gelombang Elektromagnetik

Kenapa gelombang elektromagnetik disebut demikian? Gelombang elektromagnetik disebut demikian karena memang terdiri dari gelombang di medan listrik dan gelombang di medan magnet. Gelombang ini memiliki sifat dan karakteristik tertentu. Sifat gelombang elektromagnetik yaitu sebagai berikut.

1. Merambat Dengan Kecepatan Konstan

Gelombang elektromagnetik bergerak dengan kecepatan konstan yakni 299.792.458 m/s. Kecepatan ini merupakan kecepatan tercepat sebuah informasi dapat merambat.

2. Merupakan Gelombang Transversal

Gelombang transversal adalah gelombang yang arah getarnya tegak lurus dengan arah rambatnya. Contoh lain dari gelombang transversal adalah gelombang laut.

3. Tidak Memerlukan Medium Untuk Merambat

Karena tidak memerlukan medium, gelombang elektromagnetik dapat merambat di ruang hampa. Sifat ini juga dimiliki oleh gelombang gravitasi. Berbeda dengan gelombang mekanik seperti gelombang suara dan gelombang laut yang memerlukan medium seperti udara, air, atau yang lainnya untuk merambat.

4. Komponen Gelombang Elektromagnetik di Medan Listrik dan Medan Magnet Saling Tegak Lurus

Selain arah getar dan arah rambat yang saling tegak lurus, arah getar dari gelombang di medan listrik dan medan magnetnya juga saling tegak lurus.


5. Komponen Gelombang Elektromagnetik di Medan Listrik dan Medan Magnet Memiliki Fase Sama

Ketika gelombang di medan listrik mencaai amplitudo (simpangan) maksimum, maka gelombang di medan magnet juga memiliki amplitudo maksimum.

6. Tidak Dapat Dibelokkan Dengan Gaya Listrik Ataupun Gaya Magnet

Gelombang elektromagnetik tidak dapat dibelokkan dengan gaya listrik dan gaya magnet. Namin, gelombang elektromagnetik dapat diputar polarisasinya dengan gaya tersebut.

7. Dapat Mengalami ‘Gangguan’

Gangguan di sini contohnya seperti pembiasan, pemantulan, interferensi, polarisasi, dispersi, dan difraksi.

Kesimpulan

Gelombang elektromagnetik memiliki sejumlah sifat atau karakteristik khusus. Sifat tersebut ada yang sama dan ada yang berbeda dari jenis gelombang lain. Sifat gelombang elektromagnetik yaitu:

  1. Merambat Dengan Kecepatan Konstan
  2. Merupakan Gelombang Transversal
  3. Komponen Gelombang Elektromagnetik di Medan Listrik dan Medan Magnet Saling Tegak Lurus
  4. Tidak Memerlukan Medium
  5. Komponen Gelombang Elektromagnetik di Medan Listrik dan Medan Magnet Memiliki Fase Sama
  6. Tidak Dapat Dibelokkan Dengan Gaya Listrik Ataupun Gaya Magnet
  7. Dapat Mengalami ‘Gangguan’

Sumber dan Referensi:

  1. Types of Waves – openstax

Tinggalkan komentar