Telur atau Ayam, Siapa Lebih Dulu? | Berikut Penjelasannya

oleh | Mei 8, 2020 | Ilmu Kehidupan | 0 Komentar

Photo by pikist.com
photo by pikist.com

Masihkah kamu ingat akan perdebatan yang dulunya sering diperbincangkan terkait dengan keberadaan telur atau ayam siapa lebih dahulu? Perdebatan terkait dengan keberadaan ayam atau telur yang terlebih dahulu ada bukanlah hal baru yang muncul beberapa tahun belakangan ini, melainkan sudah sejak lama pertanyaan ini menjadi perdebatan baik dikalangan masyarakat biasa hingga para ilmuwan.

Seringkali dianggap sebagai pertanyaan remeh, ternyata untuk menjawabnya tidaklah mudah. Hingga akhirnya para ilmuwan berhasil melakukan pengkajian secara mendalam dan berhasil mengungkapkan jawaban terkait dengan  pertanyaan ini.

Ayam atau Telur, Siapa Lebih Dulu?

Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan, ditemukan kesimpulan bahwa ayam ada terlebih dahulu dibandingkan telur. Meskipun beberapa sumber menyatakan jawaban ini telah dipatenkan secara resmi tetapi faktanya hal ini masih menimbulkan perdebatan bagi para ilmuwan. Berikut penjelasannya.

Senyawa Protein Yang Menyusun Cangkang Telur Hanya Ditemukan Pada Ovarium Ayam

Dilansir dari foxnews.com ilmuwan asal Inggris berhasil mengungkapkan sebuah protein bernama ovocledidin-17 (OC-17) yang merupakan sebuah protein yang terkandung dalam cangkang telur yang berfungsi dalam mempercepat pembentukan cangkang telur. Protein ini hanyalah ditemukan pada ovarium ayam. Dalam pembentukan cangkang telur, diperlukan kalsium yang selanjutnya membentuk Kristal kalsium karbonat (CaCO3) yang kemudian proses ini dipercepat oleh protein tersebut. Sehingga para ilmuwan berpendapat bahwa ayam tentunya hadir terlebih dahulu dibandingkan telur.

Tidak Semua Ilmuwan Meyakini Fakta Ovocledidin-17 (OC-17)

Meskipun dengan fakta yang telah dipaparkan, masih banyak para pemikir yang tidak sependapat dengan teori tersebut, mereka meyakini telur ada terlebih dahulu dibandingkan ayam. Hal ini didasari oleh teori evolusi. Dilansir dari science.org.au telur pertama ditemukan pada sekitar 370-340 juta tahun yang lalu sedangkan ayam pertama baru berevolusi sekitar 58 ribu tahun yang lalu  sehingga dapat dikatakan bahwa telur lebih dulu dibandingkan ayam.

Eggs certainly came before chickens, but chicken eggs did not—you can’t have one without the other. However, if we absolutely had to pick a side, based on the evolutionary evidence, we’re on Team Egg.”

-science.org.au

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular Natural Science

Popular Social Science

Related Post

Covid-19: Virus Yang Mematikan?

Pada Desember 2019, puluhan orang di Wuhan, China, mengalami pneumonia. Ternyata hal ini disebabkan oleh mewabahnya virus yang mirip dengan virus SARS.

Popular Natural Science

Popular Social Science

Related Post

Covid-19: Virus Yang Mematikan?

Covid-19: Virus Yang Mematikan?

Pada Desember 2019, puluhan orang di Wuhan, China, mengalami pneumonia. Ternyata hal ini disebabkan oleh mewabahnya virus yang mirip dengan virus SARS.