Marketing Mix/Bauran Pemasaran Starbucks Indonesia

Starbucks Indonesia atau Starbucks Coffee Indonesia merupakan salah satu waralaba/franchise populer di Indonesia yang dikelola oleh PT Sari Coffee Indonesia dibawah PT Map Boga Adiperkasa (MAPB). Terdapat beberapa aspek yang dapat diidentifikasi sebagai komponen dari bauran pemasaran Starbucks Indonesia diantaranya yakni produk, harga, lokasi dan distribusi, serta promosi.

starbucks indonesia
Photo by Sorin Sîrbu on Unsplash

A. Produk

Produk bukanlah satu-satunya komponen dalam bauran pemasaran namun memang umumnya merupakan komponen paling vital dari suatu bisnis tak terkecuali Starbucks Indonesia. Sama halnya seperti Starbucks di berbagai negara lainnya, Starbucks Indonesia menawarkan berbagai macam produk minuman kopi sebagai produk utama. Di samping produk utama, Starbucks Indonesia juga menawarkan berbagai produk lain seperti aneka teh dan makanan ringan seperti kue, pie, roti, dan berbagai menu lain. Namun, Starbucks Indonesia tetap membatasi produk-produknya tanpa makanan berat untuk menjaga nama Starbucks Indonesia sebagai coffee shop dan sebagai tempat untuk berkumpul untuk meeting maupun nongkrong. Seperti halnya bisnis lain, Starbucks Indonesia juga tetap melakukan inovasi seperti Frappucino.

B. Harga

Dalam menjalankan bisnisnya, Starbucks Indonesia menggunakan strategi harga premium. Pelanggan akan rela merogoh kocek yang lebih dalam untuk kualitas yang lebih baik sehingga kualitas produk dan pelayanan Starbucks Indonesia yang terbilang sangat baik selaras dengan strategi harga yang dilakukan. Starbucks Indonesia menyajikan berbagai menu yang ditawarkannya dengan harga premium alias di atas standar rata-rata misalnya harga espresso yang berkisar kurang dari 20 ribu rupiah di KFC dibandingkan dengan seharga 30 – 50-an ribu rupiah di gerai Starbucks Indonesia.


C. Tempat (Lokasi dan Distribusi)

Komponen bauran pemasaran Starbucks Indonesia selanjutnya adalah place atau tempat. Starbucks Indonesia awalnya merupakan bisnis berbasis gerai yang artinya pelanggan harus mendatangi gerai untuk memesan dan mendapatkan produk. Namun sekarang pemesanan produk Starbucks Indonesia sudah terintegrasi dengan sistem lain terutama ojek online. Namun akhir-akhir ini, Starbucks juga sudah mulai memperkenalkan sistem pemesanan dan pembayaran berbasis aplikasi sehingga akan memperluas cakupan dan opsi pelanggan untuk memesan.

D. Promosi

Promosi merupakan salah satu komponen dalam bauran pemasaran yang bertujuan untuk memperkenalkan dan menggaet pelanggan sebanyak mungkin. Starbucks Indonesia melakukan promosi dengan sejumlah metode diantaranya yaitu promosi dari mulut ke mulut, beriklan, serta promo penjualan.

  1. Promosi dari mulut ke mulut
    Banyak hal yang dapat memicu terjadinya rantai promosi dari mulut ke mulut. Sejumlah faktor yang mendukung hal tersebut yakni kualitas dari produk dari Starbucks Indonesia yang premium dengan harga premium, pengalaman unik saat berada di gerai Starbucks Indonesia, brand produk yang sudah dikenal di seluruh dunia, brand produk yang sudah dikenal bertahun-tahun lalu, dan lain-lain.
  2. Beriklan
    Starbucks Indonesia juga menjalankan kampanye periklanan seperti pada mediamedia yang umum digunakan oleh masyarakat seperti Instagram dan Youtube.
  3. Promo penjualan
    Selain kedua hal di atas, Starbucks Indonesia juga kerap kali menjalankan promosi atas produk-produknya. Promo-promo misalnya adanya potongan harga untuk pembelian dengan metode pembayaran tertentu

Referensi luar:
PT Map Boga Adiperkasa

Tinggalkan komentar